Mengenal Para Anggota Tim Nasional Basket Putra Indonesia yang Berkunjung ke Australia

16 anggota Tim Nasional Basket Putra Senior Indonesia diboyong ke Australia dalam rangka laga uji coba melawan tim lokal Australia demi persiapan FIBA Asia Cup 2022 Juli mendatang. Walau sebagian besar dari roster tim adalah para pemain senior yang memenangkan medali emas untuk Indonesia di SEA Games 2021, namun beberapa dari mereka juga adalah para pemain junior dengan potensi yang menjanjikan. Penasaran? Yuk kenali mereka!

1. Andakara Prastawa Dhyaksa

Akrab disapa sebagai Prastawa, dirinya adalah pemain profesional untuk klub Pelita Jaya Jakarta. Pria kelahiran 16 Agustus 1992 dan bertinggi badan 172 cm itu menduduki posisi point guard dan mememiliki banyak prestasi diantara lain Rookie Of The Year tahun 2013, First Team NBL Indonesia 2012 – 2013, dan NBL Indonesia All-Star tahun 2013.

2. Yudha Saputera

Yudha adalah salah satu pemain junior di timnas basket. Pemain kelahiran 21 November 1998 ini juga bermain sebagai point guard untuk Prawira Bandung.

3. Widyanta Putra Teja

Point Guard asal Cianjur ini lahir di tanggal 13 April 1995. Saat ini dirinya bermain untuk klub West Bandits Solo. Sebelumnya ia sempat membela Aspac di liga NBL 2016.

4. Arki Dikania Wisnu

Kapten timnas basket putra kelahiran 15 Maret 1988 di Amerika Serikat ini merupakan pemain veteran di dunia bola basket Indonesia. Wisnu juga menjabat sebagi kapten tim Satria Muda Pertamina di Indonesian Basketball League (IBL) 2022. Di Timnas Basket, ia berhasil memimpin timnya menyumbangkan beberapa medali untuk Indonesia, seperti medali perak di SEABA Championship 2017, SEA Games 2015 dan 2017, dan medali emas di SEA Games 2022.

5. Agassi Yeshe Goantara

Agassi lahir dan besar di Tanggerang sebelum hijrah ke Amerika Serikat saat duduk di bangku SMA. Selama menimba ilmu di Walnut High School, Agassi sempat bermain untuk tim sekolahnya dan menjadi MVP bagi timnya di tahun 2017. Karir domestik dan internationasionalnya termasuk FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers Window 2 di Bahrain pada November 2020 serta SEA Games 2021. Saat ini ia bermain sebagai shooting guard atau small forward untuk tim Pelita Jaya Bakrie di IBL.

6. Abraham Damar Grahita

Abraham adalah shooting guard dengan tinggi 180 cm. Lahir di Pangkal Pinang pada 8 Oktober 1995, Abraham di usia 25 telah berhasil meraih penghargaan seperti 5 kali mendapatkan First Team IBL Indonesia pada tahun 2017-2021, 5 kali mendapatkan gelar All-Star IBL pada tahun 2017-2020 dan 2022. Dirinya juga memenangkan gelar sebagai IBL Most Valuable Player 2020 dan adalah brand ambassador dari sepatu Ardiles. Saat ini Abraham bermain untuk tim profesional Prawira Bandung.

7. Juan Laurent Kokodiputra

Juan adalah shooting guard kelahiran 15 Juli 1995. Pada musim debutnya, Juan berhasil menempatkan dirinya jadi pendatang baru terbaik. Pebasket asal Bandung ini menjadi Rookie of The Year IBL 2017 dan kini membela Satria Muda Pertamina.

8. Brandon Jawato

Pemain kelahiran 3 Juni 1993 di Amerika Serikat ini sudah tidak asing lagi di telinga para pencinta basket Tanah Air dan kaum hawa. Dengan tinggi badan mencapai 193 cm, Brandon merupakan pemain naturalisasi yang bermain atas nama tim Indonesia dan pernah bermain untuk klub di Indonesia seperti Pelita Jaya dan CLS Knights. Kini Brandon bermain sebagai small forward untuk timnas Indonesia walau secara profesional ia bermain sebagai shooting guard untuk Utsunomiya Brex, klub basket profesional di liga Jepang.

9. Vincent Rivaldi Kosasih

Dengan tinggi 2.03 meter dan salah satu pemain tertinggi di timnas basket, Vincent bermain sebagai posisi center. Pemuda kelahiran 17 Juni 1996 di Madiun itu juga merupakan pemain center untuk klub Pelita Jaya Bakrie Jakarta di IBL. Vincent sempat menimba ilmu di Tiongkok dan lulus dengan dengan gelar sarjana dari Zhejiang University of Science and Technology.

10. Marques Bolden

Pemain basket dengan tinggi 2.08 meter ini lahir dan besar di Texas, Amerika Serikat. Sebelum berganti warga negara menjadi WNI dan bermain untuk timnas basket Indonesia, Marques sempat membela beberapa tim basket lokal di Amerika seperti Cleveland Cavaliers dan Salt Lake City Stars di NBA G-League. Marques membuat debut perdana sebagai pemain timnas basket Indonesia di SEA Games 2021 di Vietnam dan berhasil mengemas 18 poin, 10 rebound, dan 3 assists. Penampilan Bolden sukses mengantar Indonesia kepada medali emas pertamanya di laga SEA Games.

11. Derrick Michael Xzavierro

Derrick adalah salah satu pemain termuda dan tertinggi di timnas basket putra, pria kelahiran tahun 1 April 2003 itu memiliki tinggi tubuh 2.06 meter dan bermain sebagai center. Ia memulai karir basketnya di SMA Ragunan Jakarta dan berkat penampilan apiknya di SEA Games 2021, ia lantas berhasil masuk ke NBA Global Academy yang bertempat di Canberra, Australia. Derrick menyumbang 22 poin, 15 rebound, dan 1 assist untuk skuat garuda di pertandingan final melawan Filipina di SEA Games 2021.

12.  M. Arighi Hadran Noor

Salah satu dari pemain junior di timnya, Arighi baru berusia 23 tahun.

13. Kelvin Sanjaya

Kelvin adalah anggota termuda di timnas basket putra yang datang ke Australia dan berusia 20 tahun. Dengan tinggi 199 cm, dirinya berhasil mencuat di liga IBL 2021 sebagai pemain dengan jumlah blok terbanyak. Mahasiswa Universitas Pelita Harapan (UPH) itu kini bermain secara profesional untuk tim Satria Muda Pertamina.

14. Kevin Yonas Argadiba Sitorus

Lahir di Kuala Kapuas pada 17 Juli 1994, Kevin adalah pemain power forward untuk Satria Muda Pertamina Jakarta.

15. Ali Bagir Alhadar

Satu lagi pemain junior di timnas basket putra, Ali adalah pria kelahiran 4 Juli 2000 itu merupakan pemain profesional untuk Indonesia Patriots.

16. Aldy Izzatur Rachman

Aldy adalah pemain junior di timnas basket putra yang berumur 22 tahun dan bermain profesionaluntuk Indonesia Patriots.

Phoebe
Ariya kurniawan (@ariyakurniawan16)

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

MENJADI ORANG TUA BAIK BERAWAL DARI DIRI SENDIRI

Menjadi orangtua adalah salah satu tugas yang paling sulit namun juga paling rewarding. Menjadi orangtua yang baik bukanlah melalui kualifikasi akan tetapi melalui pengalaman....

Mengantisipasi Naiknya Suku Bunga

Meningkatnya suku bunga atas pinjaman bisa menjadi mimpi buruk ketika menjalankan bisnis kecil. Namun, ada beberapa kebijakan cepat dan mudah yang dapat Anda mulai...

Menginspirasi dengan Cameo Project | Yosi ‘Project Pop’

Momentum tahun baru menjadi saat yang tepat untuk membuat resolusi yang berdampak, salah satunya adalah menyebarkan inspirasi positif. Seperti yang dilakukan sekelompok orang yang...

IG Takeover bersama Atase Pertahanan di Canberra Laksamana Pertama Agus Rustandi

https://youtu.be/0RTnwit4MR4Tentara Nasional Indonesia yang dahulu dikenal sebagai Angkatan Bersenjata Republik Indonesia merupakan angkatan militer yang ditugaskan sebagai alat pertahanan negara baik dalam lingkup lautan...

Garam Merica: Indonesia Seleraku

Kapanpun dan dimanapun kita berada, sebagai orang Indonesia kita akan selalu mengidamkan makanan tradisional Indonesia. Lidah kita tidak akan pernah bisa lepas dari kelezatan bumbu-bumbu soul...