Heaven Divination – Analisis Bisnis Oktober 2021

Saya berharap pembaca sekalian berbahagia dan sehat selalu. Masa pandemi masih bersama kita dan situasi masih sangat membingungkan. Sesuai pepatah lama dimana mengucapkan “badai pasti berlalu”, saya yakin ini pun akan sama. Yang penting adalah di dalam badai ini, kita berada di atas kapal yang menuju ke pulau yang benar. Kita semua berada di kapal yang berbeda, ada yang kebakaran, ada yang setengah tenggelam, dan ada juga yang melaju dengan tenang dan bisa sambil memandangi pemandangan. Saya akan berusaha untuk membagi informasi yang bisa membantu para pembaca Buset untuk melaju dengan tenang 🙂

Oktober adalah bulan yang sangat penuh dengan positif energi. Awal dari musim semi, terbentuk dari Energy Yin Api dan Yin Logam. Apakah arti dari energy ini berbeda untuk kita masing-masing. Saya meminjam salah satu quote dari Bruce Lee yang sangat cocok untuk mengilustrasikan strategi yang tepat di bulan ini.  

I fear not the man who has practised 10,000 kicks once, but I fear the man who has practised one kick 10,000 times.” 

Oktober adalah bulan dimana kita harus fokus melakukan hal-hal yang menonjolkan kekuatan kita. Misalnya, Si Budi mengelola toko yang menjual Kue Manis. Budi tidak perlu bingung dan mencoba untuk mengubah strategi, seperti membuat Kue Asin atau Kue Pedas dan sebagainya. Atau mungkin mencoba sesuatu strategi marketing yang belum pernah dicoba sebelumnya. Meskipun secara teori ini hal yang cocok dijalankan oleh si Budi. 

Hasil penjualan Budi akan lebih bagus kalau dia lebih fokus akan kualitas dan after service ke pembeli yang ada di bulan ini. Contohnya, dia bisa memberikan extra Kue Manis kepada pembeli yang membeli lebih dari 10 kotak.  Intinya jangan terlalu mengambil posisi baru atau sesuatu yang belum kita lakukan sebelumnya. Fokuslah terhadap hal hal yang kita sudah ahlinya dan sudah sering melakukannya seperti tendangan Bruce Lee.

Tentunya ini hanya contoh yang sederhana, setiap bisnis dan pekerjaan mempunyai strategi dan situasi yang berbeda. Ini pun sama dengan hubungan kita dengan pasangan ataupun relasi kerja. Banyak klien saya di musim pandemi ini mencari solusi dan bantuan tentang masalah bisnis dan karir. Sangat banyak kejadian yang tidak bisa dipersiapkan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Saya akan membahas satu case dimana Heaven Divination telah berhasil membantu klien untuk memperoleh keberhasilan di usaha nya. Klien saya adalah seorang ahli Advertising, dimana dia membantu bisnis-bisnis lain untuk melakukan strategi pemasaran dan periklanan. Dia memiliki dua tujuan yang ingin dia capai, yaitu menjual produk baru dan layanan baru. Dia berencana untuk mencapai hasil dari bisnis baru ini dalam kurun waktu 3 tahun. Setelah saya lakukan analisis lengkap, apabila dia tetap melakukan strategi yang sekarang, hasilnya tidak akan tercapai dalam waktu 3 tahun. Malahan dia akan menemui beberapa halangan yang tidak diduga, dan akan menyebabkan masalah hukum yang negative.

Saya memulai dengan memberikan beberapa saran tentang produk mana yang harus dia fokuskan terlebih dahulu. Seperti saya informasikan di atas, di bulan ini dia harus menekuni bisnis yang lama dan jangan terlalu banyak membuang waktu dengan produk baru. Akan ada waktu yang tepat, tetapi bukan sekarang, mungkin mendekati bulan Desember tahun ini.

Dalam beberapa bulan ke depan saya juga sarankan dia untuk tidak terlalu agresif dalam hal pemasaran dan penjualan. Jangan terlalu aktif di sosial media, dan mengurangi memperkenalkan produk baru ini di pasaran. Dia harus lebih banyak bekerja di belakang layar, artinya lebih melakukan banyak persiapan dan menjaga hubungan dengan klien-klien yang sudah ada. Selain itu, saya juga melihat bahwa ada seseorang yang akan membawa masalah ke bisnis baru yang dia akan jualkan. 

Saya telah berikan beberapa ciri-ciri dari orang tersebut, dan ini ternyata cocok dengan konfirmasi klien. Orang ini ternyata salah satu klien dia yang nantinya berencana untuk melakukan joint venture bersama. Di sini saya anjurkan 2 pilihan, 1. Untuk mencari partner lain, atau jika memang harus dengan orang ini, dilakukan dengan cara struktur yang tidak mengikat. Dan dia harus memiliki surat-surat legal yang kuat dan jelas. Ini adalah salah satu hal yang Heaven Divination bisa melihat dan mencari jalan utuk menghindarinya. Bayangkan saja kalau klien ini bersama melakukan joint venture dengan memulai perusahaan bersama, ini akan menjadi fatal untuk nya.

Saya sangat banyak menerima konsultasi dari klien yang mengalami kegagalan atau persahabatan yang putus karena mereka melakukan bisnis yang tidak sesuai. Dan terkadang juga karena setiap orang tidak mengerti kelebihan dan kelemahan masing masing, jadi mereka tidak melakukan kerjasama yang bisa saling membantu. Masalah ‘Timing’ untuk memulai kerjasama ini juga sangat penting, ini akan saya bahas di edisi bulan depan.  Seperti memanen tumbuhan, akan ada waktu yang tepat untuk masa panen. Kita tidak selalu bisa memaksa tumbuhan untuk berbuah, dan ini juga sama dengan memulai kerjasama dengan orang lain.

Secara kepribadian, dia akan mengalami masalah emosional menjelang beberapa bulan ke depan. Ini juga salah satu hal yang akan menjadi hambatan untuk mencapai tujuannya. Ini pun dia telah konfirmasi ke saya, dan kita akan membuat beberapa solusi. Apabila kita tahu tantangan ke depan, akan sangat mudah untuk melakukan berbagai hal untuk mengahadapi masalah masalah ini.

Case klien saya yang kedua adalah tiga saudara perempuan di Jakarta. Mereka ingin berbisnis bersama dan meminta bantuan saya untuk menganalisa kesempatan dan kecocokan mereka untuk bekerja sama. Mereka ingin tahu jenis bisnis apa yang cocok untuk mereka, apakah mereka dapat beroperasi di Jakarta selama musim pandemi, dan siapa yang lebih cocok untuk mengelola tugas-tugas di perusahaan.  Saya sedang melakukan analisa sekarang dan akan share ceritanya bulan depan.

Saya sangat senang bekerja sama dengan Buset Magazine, dan juga bisa saling membantu sesama teman untuk lebih lancar di bisnis dan hubungan antar sesama.

Kami bukan hanya memberikan prediksi, tetapi memberikan solusi

Anda juga boleh menyimak Facebook Heaven Divination dimana saya sering membagi tips – tips yang bisa membantu kesuksesan Anda.

Silakan hubungi Joe Abadi di MasterLu3E3@gmail.com  

Semoga sukses dan Stay Safe

May the Best Qi be with you

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

iCARE, AJANG CARI BAKAT

iCare (Indonesian Career Expo) yang perdana baru saja dilangsungkan di Wilson Hall, Melbourne University. Objektif utama dari acara garapan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Victoria...

ARUS KAS

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi kelangsungan suatu bisnis. Salah satu diantaranya adalah arus kas perusahaan.Arus kas yang stabil dan handal sangat penting bagi kelangsungan...

PPIA SABET GELAR ‘PPI TERBAIK DUNIA’

Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA) kembali meraih prestasi cemerlang dengan mendapatkan gelar PPI Terbaik Dunia 2015 pada Simposium PPI Dunia 2015 awal Agustus...

TERTIPU HOBI

Sejak seorang remaja bernama Wendy (nama samaran) sudah menunjukkan kesukaannya terhadap urusan masak memasak dan bikin kue, dia selalu mencoba masak resep-resep lama maupun...

10 Kiat Arus Kas

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi kelangsungan suatu bisnis. Salah satu diantaranya adalah arus kas perusahaan.Arus kas yang stabil dan handal sangat penting bagi kelangsungan...