Agar Kebagian Hoki @ Tahun Kelinci 2023

Di tahun Kelinci kita harus mampu untuk kerja lebih smart dan lebih cepat alias tidak berleha-leha; dengan begitu baru bisa potensi mendapatkan hasil. Sikap sembrono / gegabah, attitude lamban / menunda-menunda tidak akan mendapat “tempat” di tahun Kelinci 2023.

Berdasarkan penanggalan Tionghoa, periode antara 22 Januari 2023 hingga 09 Februari 2024 termasuk dalam periode tahun Kelinci. Jangan terlalu senang bagi yang gemar; harap tidak usah pula berprasangka buruk untuk yang tidak menyukai metode penanggalan yang menggunakan 12 hewan sebagai simbol.

Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, Babi. Kelinci adalah di urutan keempat pada dua belas hewan yang dipakai sebagai perlambang tahun, yang populer disebut sebagai 十二生肖 (dua belas shio)! Info mengenai asal usul mengapa 12 hewan dipakai sebagai simbol tahun, silahkan cari di internet dan atau baca sendiri dari banyak sumber. Terdapat varian kisah mengenai legenda asal muasal dua belas shio, jadi tidak usah heran apalagi bingung.

Ijinkan saya, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membagikan informasi mengenai penanggalan versi Tionghoa.

Bagi masyarakat Tionghoa, sistim penanggalan tradisional disebut sebagai (夏历; xiàlì) atau “kalender Xià.” Istilah ini bersumber dari catatan di kitab 史記 (Shǐjì). 史記 (Shǐjì) alias 太史公書 (Tàishǐgōng shū) adalah buku berisi catatan mengenai sejarah Tiongkok dan dunia, yang terbit pada tahun ke 94 BC. Hasil tulisan dari 司马迁 (Sīmǎ Qiān), sejarahwan sekaligus juga pejabat kerajaan yang hidup pada Dinasti 西汉 Xīhàn / Western Hàn (202 BC–9 AD). Penulisan Shǐjì dilakukan oleh ayah Sīmǎ Qiān, yakni 司马谈 (Sīmǎ Tán), Grand Astrologer to the imperial court.

Shǐjì mencantumkan bahwa pada Dinasti 夏; Xià (c. 2070 – c. 1600 BC), awal tahun dimulai pada penampakan kedua bulan baru setelah Winter solstice. Pada dinasti-dinasti sebelumnya, awal tahun dimulai pada penampakan pertama atau ketiga bulan baru setelah冬至 (Winter solstice). Kalender Xià dikenal pula sebagai “农历; Nónglì (agricultural’s / farmer’s calendar). Kalender Xià dikenal juga dengan sebutan “万年历 (Ten Thousand Year Calendar).”

Kalender Gregorian alias penanggalan Internasional disebut sebagai “公历; gōnglì” atau “Common calendar,” “阳历; yánglì” atau

“Yang Calendar” karena memakai perputaran matahari sebagai dasar hitungnya. Kalender Tiongkok disebut pula sebagai “阴历; yīnlì” atau “Yin Calendar” karena dasar hitungnya adalah rotasi bulan. Setelah era Tiongkok modern, dan kalender Gregorian diadopsi, maka timbul pula istilah “旧历; jiùlì” alias “kalender lama” untuk penanggalan Tiongkok kuno dan “新历; xīnlì” alias “kalender baru” untuk penanggalan Gregorian.

Sejak era kaisar孝武皇帝 Xiào Wǔ Huángdì (157 BC – 87 BC) dari Dinasti 漢 (Hàn), masa kekuasaannya dari tahun 141 – 87 BC; timing permulaan tahun baru ditetapkan pada penampakan kedua bulan baru setelah Winter solstice. Jadi pakem perhitungan untuk tahun baru Imlek, yang kita kenal sekarang, sudah bermilenia usianya!

Nah, Xiàlì atau “kalender Xià” inilah yang juga menjadi acuan bagi analisa 四柱 (Four Pillars of Destiny) alias八字 (Ba Zi), dan 通书 Tōng Shū (All- Knowing Book). Bagi sebagian orang, mereka emoh menyebut “Tōng Shū,” melainkan lebih suka bilang “通胜 (Tōng Shèng). Ini karena kata “书 (Shū)” homonim dengan kata “輸 (Shū)” yang artinya “kalah.” Kata “勝 (Shèng)” bermakna “menang / berjaya,” maka “通胜” berarti “Victorious in All Things.”

TONG SHENG “SEJUTA UMAT”

Satu hal yang patut dipahami mengenai Tōng Shèng ialah informasinya bersifat “sejuta umat” alias generik yang berlaku buat siapa saja; tanpa memperdulikan komposisi data kelahiran orang per orang. Therefore, kalau di Tōng Shèng dikatakan sebagai hari hoki (untuk sebuah aktivitas) maka sifatnya pun tidak tentu berlaku untuk kita. Kalau kita mau mencari tahu apakah waktu tertentu adalah baik atau tidak baik untuk diri kita; maka harus memakai panduan komposisi ba zi lengkap (jam tanggal bulan tahun lahir) kita sebagai acuan. Bukan cuma sekedar melihat apa simbol tahun lahir (shio) saja. Analoginya, pakaian yang dibuat secara personal / tailored measured and made! Ini mengapa, terkadang ada klien yang sudah saya carikan favorable timing berdasarkan ba zi mereka; tetapi kemudian oleh pihak keluarga (biasanya orang tua mereka) diinfokan bahwa kenapa timing yang saya infokan adalah tidak sesuai dengan informasi di Tōng Shèng? Ya tentu beda, karena yang satu memakai pakem ukuran kodian buat sejuta umat; sementara yang satunya lagi adalah mengukur setiap lekuk dan kontur badan dari si pemakai! Jadi jelas saja beda, karena tidak membandingkan dua hal yang sama. Buah dukuh (langsat) dibandingkan dengan buah kecapi; atau rambutan dibandingkan sama durian, ya jelas tidak sama dong!

Selama ini, “Tōng Shèng” atau “Tōng Shū” identik dengan sebutan atau sebagai Farmers’ Almanac / Agricultural’s Calendar karena di masa silam berisi data-data mengenai musim, cuaca yang berkaitan dengan waktu bercocok tanam dan sejenisnya. Hal lainnya yang masih berkait dengan Tōng Shū ialah perlu dipahami bahwa hanya karena bisa membaca Tōng Shū tidak serta merta membuat kita adalah jaminan menguasai ilmu analisa ba zi dan atau ilmu feng shui. Karena selama ini tak jarang dijumpai ada anggapan (yang kurang tepat) seperti begitu. SElama kita bisa mengerti huruf-huruf bahasa Mandarin, maka kita bisa mengakses informasi dalam Tōng Shū. Bahkan, sudah lama ada Tōng Shū dalam versi bahasa Inggris. Informasinya lantas dipakai menjadi pembuatan sebuah kumpulan informasi yang dikenal sebagai “kalender feng shui.” Oleh karena itu, kalender (meja, bulanan, harian) yang biasanya pemberian dari bank, yang ada catatan favourable timing untuk aktivitas-aktivitas itu adalah bersumber dari Tōng Shū. Begitu pula aplikasi dan atau buku-buku berisi catatan bulan baik hari baik, yang terbit menjelang hari raya Imlek / Konyan, sumber nya ya dari Tōng Shū juga! Secara tradisional, Hongkong, Taiwan dan Tiongkok adalah sumber aneka Tōng Shū yang menjadi narasumber bagi berbagai pihak diseluruh dunia; yang kemudian menerjemahkannya kedalam berbagai bahasa dan juga dijadikan buku, penanggalan, Apps, dan aneka informasi lainnya.

Tōng Shū adalah informasi yang sifatnya tahunan, jadi Tōng Shū yang dipakai di tahun ini maka sudah tidak berlaku lagi di tahun berikutnya. Konon, pernah ada seorang klien yang masih menyimpan Tōng Shū peninggalan orang tuanya dari beberapa puluh tahun lalu. Awalnya, ia mengira bahwa “buku dewa / sakti” tadi adalah sesuatu yang berharga yang berisi ilmu top secret. Makanya sampai dibungkus dengan kain merah. Tetapi setelah saya infokan soal Tōng Shū barulah si klien mengerti dan tidak lagi menganggap Tōng Shū sebagai objek pujaan! Kendati demikian, saya sampaikan pula bahwa buku tersebut  tetap punya sentimental & emotional value karena adalah bagian dari warisan almarhum papa nya. Jadi kalau masih mau disimpan, ya silahkan saja. Tahun Kelinci 2023 – 2024 ini kita berada di tahun keempat dari sebuah siklus / putaran (selama atau per 12 tahun). Inilah salah satu perbedaan sekaligus keunikan dan “signature” dari sistim kalender Tiongkok! Secara formal adalah tahun Kelinci berunsur Yin Water (癸卯; guǐ-mǎo). Tahun Kelinci Yin Water (癸卯; guǐ-mǎo) diistilahkan pula sebagai tahun “Kelinci Hitam (Black Rabbit);” ini karena salah satu warna dari unsur Air ialah hitam. Ada juga yang menyebut sebagai tahun “Kelinci Biru (Blue Rabbit);” ini juga karena warna blue (biru) adalah warna dari unsur Air. Penyebutan versi yang terakhir ini lebih jarang ketimbang versi yang terdahulu.

Tahun 2023 bisa menjadi tahun yang “signifikan” karena ada catatan dari masa silam yang menginformasikan akan ada “perubahan besar” di Tiongkok ketika “Kelinci Hitam memasuki Sarang “Naga Hijau.” Ini tertulis dalam buku 推背图; tuī bèi tú (Push Back Picture / Graphic). 推背图 (tuī bèi tú) adalah sebuah kitab berisi prediksi dari era Dinasti 唐 (Táng); 618 – 907 M. Buku ini berisi petunjuk tentang masa depan Tiongkok, yang disampaikan melalui serangkaian 60 gambar, masing-masing disertai dengan puisi. Kitab ini ditulis oleh 李淳风 (Lǐ Chúnfēng) dan 袁天罡 (Yuán Tiāngāng), dan diposisikan sama kualitas keakuratan nya dengan buku-buku tulisan Michel de Nostredame (December 1503 – July 1566), yang lebih populer dengan sebutan Nostradamus.

PERISTIWA PENTING

Tahun 2023 adalah tahun Kelinci Air yang diistilahkan pula sebagai “Kelinci Hitam,” karena unsur air berwarna hitam. Tahun 2024 adalah tahun Naga berunsur kayu (warna hijau), jadi disebut sebagai “Naga Hijau.” Jadi jika mengacu pada informasi pada kitab 推背图(tuī bèi tú) beberapa peristiwa penting akan terjadi di Tiongkok antara tahun 2023 dan 2024.

Para akademisi (scholars) Tiongkok kuno juga percaya pada pepatah “红羊灾难 (Red Goat disaster)” – tahun-tahun Kuda Api dan Kambing Api membawa bencana dan pergolakan. Untuk informasi: Tahun Kuda Merah dan tahun Kambing Merah adalah tahun Kuda Api dan Kambing Api pada tahun 2026 dan 2027 mendatang. Pada tahun 1126 M, tahun Kuda Merah, Dinasti 宋 (Sòng) diserang oleh 金 (Jīn) dan Kaisar Sòng ditangkap dan disandera oleh orang barbar. Juga pada tahun 1966, tahun Kuda Merah, adalah awal dari 中国文化大革命 (Revolusi Kebudayaan Tiongkok).

Tahun 2023 ialah tahun Kelinci berunsur Yin Water (癸卯; guǐ-mǎo). Simbol “癸 Yin Water” mengacu kepada yang diistilahkan “天干 (tiān gān)” sedangkan simbol “卯 (Kelinci)”nya mewakili 地支 (dì zhī). Secara sederhana, “tiān gān” ialah simbol-simbol dari Lima Unsur (Kayu, Api, Tanah, Logam, Air), karena masing-masing unsur ada 阴(Yin) dan 阳 (Yang) maka total ada sepuluh unsur! Dì Zhī ialah sebagai simbol-simbol dari dua belas shio (十二生肖). Sistim sexagesimal “tiān gān dì zhī” telah ada sejak dari era Dinasti 商 (Shāng) alias 殷 (Yīn), circa 1600 BC – circa 1046 BC. Dalam terjemahan ke bahasa Inggris, “tiān gān dì zhī” disebut sebagai “Heavenly Stems Earthly Branches.” Atau kalau dalam catatan-catatan singkat sebagai “HS” dan “EB.”

Untuk memudahkan orang lain memahami aneka istilah feng shui dan ba zi; biasanya instead of “tiān gān dì zhī” saya cukup menyampaikan dalam istilah “Baris Langit & Baris Bumi” saja. IMHO, percuma saja kita menggunakan aneka terminologi teknis yang mungkin bisa membingungkan pendengar atau pembaca, tetapi pada akhirnya mereka tidak paham apa yang kita sampaikan. Salah satu “signature” dari buku-buku serta tulisan saya ialah “mudah dipahami,” “bisa menjelaskan aneka hal-hal yang rumit kedalam bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti!” Demikianlah komentar umum yang selama ini penulis terima dari para pembaca. Ini sejalan dengan salah satu filosofi pribadi, yakni: “Kalau bisa dipermudah mengapa harus diperumit; jika bisa dipersingkat mengapa harus diperlamban.” Jangan lupa pula, kalau kita tidak bisa menjelaskan sesuatu dalam bahasa yang sederhana dan atau mudah dipahami oleh orang lain, jangan-jangan karena kita tidak mengerti atau menguasai materi tersebut!

LICHUN SHIO KELINCI

Hari yang menandai awal dari musim Semi, dalam penanggalan Tiongkok diistilahkan sebagai “立春 (lìchūn).” Lìchūn (the Spring Festival / Beginning of Spring) umumnya jatuh antara tanggal 3 sampai 5 di bulan Februari. Di masa silam dikatakan bahwa apabila cuaca cerah pada hari lìchūn, berarti peluang lebih besar untuk mendapatkan panen pertanian yang berlimpah. Sebaliknya, jika cuaca tidak baik (hujan), maka para petani harus bersiap-siap menghadapi musim panen yang kurang atau tidak maksimal.

Konon, diyakini apabila hari Konyan (过年) jatuhnya sebelum lìchūn, maka berarti secara umum akan lebih besar peluang terjadinya hal-hal yang baik pada tahun tersebut. Kalau hari Konyan nya jatuh setelah lìchūn, maka kebalikannya. Dan jika hari Konyan nya jatuh bertepatan dengan lìchūn, maka mengindikasikan tahun yang penuh kebaikan (truly auspicious)! IMHO, hal ini tidak sepenuhnya akurat. Mirip dengan anggapan bahwa kalau hari Konyan hujan maka adalah tahun yang hoki, dan sebaliknya.

Hal lain yang perlu diketahui. Tidak peduli kapan pun jatuhnya hari Konyan, kalau kita dilahirkan sebelum lìchūn maka artinya kita masih ikut pada simbol hewan (shio) di tahun yang sebelumnya. Jika kita dilahirkan setelah lìchūn maka berarti kita sudah ikut simbol hewan (shio) tahun depan (walaupun Konyan nya belum tiba). Untuk tahun Kelinci Yin Water 2023, lìchūn mulai pada tanggal 04 Februari 2023 dan berakhir pada tanggal 19 Februari 2023.

Pada hari lìchūn, kekuatan energi Alam Semesta sedang kuat-kuatnya. Maka diyakini bahwa kita bisa melakukan “atraksi” untuk bikin telur “berdiri.” Dalam jaman kuno, ada pula tradisi “whipping the buffalo / cow” pada lìchūn. Tujuannya sebagai penanda dimulainya musim pertanian yang baru dan harapan serta simbol agar mendapatkan panen yang berlimpah.

Di belakang hari, selain “tradisi-tradisi” disebutkan di atas; ada pula kebiasaan baru, yaitu melakukan setoran uang ke rekening di bank (biasanya rekening tabungan). Panduannya memakai apa shio (tahun lahir) kita dan disesuaikan dengan simbol jam dimana aktivitas nya dilakukan. Misalkan, kita ber shio 卯 Kelinci, maka setoran ke rekening dilakukan di jam 未 Kambing (antara 1 – 3 siang); Bagi yang shio 辰 Naga melakukannya pada jam 申 Monyet (antara 3 – 5 sore).

HUANGDI YEAR & CONFUCIUS YEAR

Ada dinamika lain dalam penyebutan tahun baru Imlek yang ke berapa. Coba silahkan perhatikan. Ada yang menyebut sebagai tahun baru Imlek yang tahun empat ribu sekian; ada yang bilang sebagai tahun dua ribu sekian! Mengapa bisa beda jauh? “Perbedaan”nya disebabkan oleh perbedaan dasar hitung oleh pihak-pihak yang menyebutkannya. Tahun yang ke-empat ribu sekian memakai dasar tahun awal era kekuasaan (reign) dari 黄帝; Huángdì yakni 2697 – 2597 atau 2698 – 2598 BC. Ini mengapa tahun 2023 disebut sebagai tahun ke – 4720 atau ke – 4721!

Sementara, yang menyebut sebagai tahun baru ke dua ribu sekian, mereka memakai tahun lahirnya 孔子; Kǒngzǐ (Konfusius) pada tahun 551 BC sebagai acuan. Jadi tahun 2023 adalah tahun ke – 2574!

Demikianlah penjelasan sederhana dan singkat mengenai Huángdì year (黄帝紀年; Huángdì jìnián) dan Confucius year (孔子紀年; Kǒngzǐ jìnián).

Mana yang lebih tepat? Dua-duanya tidak salah; masing-masing pihak punya justifikasi dan argumentasi untuk mengatakan bahwa versi penyebutan / hitungan pihak mereka lah yang “benar!” Inilah “menarik”nya catatan peradaban dan tinta sejarah dari orang Tionghoa yang sudah bermilenia usianya! IMHO, tidak guna kita jadikan bahan argumentasi dan atau perdebatan. Tak beda akan halnya dimana Imlek sebagai atau adalah event perayaan tradisi / budaya yang dianggap sebagai sebuah event kepercayaan. Topik ini pun kerap kali bisa menjadi sebuah bahan obrolan yang cukup “hangat.” Again, IMHO, tidak guna dijadikan bahan argumentasi dan atau polemik.

KABAR BAIK TAHUN KELINCI

Tahun Kelinci kali ini (2023), termasuk atau dikategorikan sebagai Kelinci berunsur Yin Water (癸卯; guǐ-mǎo). Lambang Kelinci sendiri berunsur tetap Kayu, yakni: Yin Wood, sering disebut pula sebagai 春木 (Spring Wood). Jadi tahun Kelinci kali ini bisa dikatakan tahun dengan unsur (Heavenly Stem) Yin Water berada diatas unsur (Earthly Branch) Kayu. Dalam pakem Wǔxíng (Transformasi Lima Unsur) adalah kombinasi yang harmonis, karena kedua elemennya termasuk dalam hubungan yang “supportive.”

Konfigurasi elemen Kayu – Air 2023 dalam siklus yang mendukung akan membantu menyelesaikan konflik dan membawa lebih banyak keharmonisan dalam hubungan internasional. Perbedaan utama antara 2022 dan 2023 adalah bahwa air Yin pada dasarnya adalah “embun pagi” dan Kelinci pada dasarnya adalah (disimbolkan sebagai) bunga. Ini adalah gambar tetesan air kecil yang muncul di kelopak bunga di pagi hari, jadi mengilustrasikan sesuatu yang lebih tenang dan damai.

KARAKTER AIR YIN

Dalam pakem 五行 (wǔxíng), 癸; Guǐ (Air Yin) dapat dicirikan dengan analogi awan, tetesan embun atau kabut. Air Yin diwakili di alam oleh hujan, awan, kabut, dan segala jenis air dalam jumlah kecil. Kualitas utamanya adalah kemampuan untuk mengubah bentuk dan karakteristiknya. Jenis unsur ini mendaur ulang dirinya sendiri – anak sungai mengalir ke sungai, sungai ke sungai, danau, dan samudra… lalu ada penguapan menjadi awan, lalu hujan… dan seterusnya!

癸; Guǐ (Air Yin) selalu bergerak; mereka tidak pernah tetap diri di satu tempat. Mereka seperti “bunglon” – pemindah bentuk yang

disamarkan, dan mereka bisa menjadi apa saja; mereka suka dengan perubahan… dan suka diubah – suka berada dalam bentuk yang berbeda-beda.

Umumnya orang yang lahir pada hari (ber Day Master) 癸; Guǐ (Air Yin) adalah sosok yang sangat emosional, romantis, dan penyayang yang menganggap hubungan sebagai bagian penting dari kehidupan mereka. Pria Air Yin sangat populer di kalangan wanita dan umumnya mereka akan memiliki banyak teman wanita bahkan setelah menikah. Dia akan sering tetap menjaga interaksi dan atau komunikasi dengan mantan (ex) nya juga.

Air Yin adalah elemen paling intuitif dari semua 十 行; shí xíng (sepuluh elemen.) Elemen ini adalah ‘’Yinest’’ dari semua elemen. Jika Air Yin adalah wanita, dia akan sangat feminin; dalam kasus dia, ini akan terwujud sebagian besar dalam kepekaan. Selain itu, Air Yin juga ialah yang karakteristiknya paling moderate dan humble dari semua 十 行; shí xíng (sepuluh elemen.) Hal terakhir ini menyebabkan mengapa pada umumnya individu dari kelompok 癸; Guǐ (Air Yin) cenderung lebih sopan, sabar, rendah hati, bertoleransi, mengakomodasi meskipun mereka sesungguhnya adalah very intelligent type of people. Secara general, mereka juga mampu untuk mendengarkan dan mengakomodasi opini orang lain karena mereka tidak suka berargumentasi atau ribut. Meski begitu, memiliki kecenderungan untuk menerapkan atau _menguber_ agenda serta kemauan nya dengan tertutup. Ini mengapa, orang-orang 癸; Guǐ (Air Yin) lebih banyak diam dan seringkali mengejutkan orang-orang dengan prestasi yang signifikan! Zhūgéliàng, salah seorang ahli strategi politik & perang termasyhur dalam sejarah Tiongkok, adalah contoh individu bergenre 癸; Guǐ (Air Yin)!

Orang Air Yin juga umumnya adalah orang yang lebih susah untuk dipahami atau ditafsirkan. 癸; Guǐ (Air Yin) sangat tidak terduga dan sulit dijabarkan niat / keinginan mereka. Kita tidak akan pernah bisa melihat atau menerka pikiran orang Air Yin. Air Yin memiliki banyak pemikiran dan gagasan yang melintas di benaknya pada saat yang bersamaan. Mereka juga bisa menjadi agak murung, seperti hujan yang tiba-tiba turun! Oleh karena itu kita terkadang mengalami kesulitan untuk menghadapi dan mengandalkan mereka.

Orang Air Yin adalah kepribadian yang kompleks yang seringkali sulit untuk dipahami; Dan mereka selalu “mengunci” sebagian dari diri (pikiran dan perasaan) mereka, meskipun mereka bisa sangat baik dengan orang lain. Mereka lembut dan tidak suka menyakiti perasaan orang lain. Mereka tidak suka berkonflik dengan orang lain, mereka cenderung mengambil perasaan atau pikiran secara terlalu berlebih dan (jika tidak dikelola dengan bijak dan hati-hati) ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius bagi diri mereka sendiri.

Dalam budaya Tiongkok, Kelinci adalah simbol dari rembulan. Mengapa demikian? Sebagian mengatakan karena bayangan-bayangan yang ada di bulan mirip seperti kelinci; sebagian pihak menyebutkan karena bulan yang “soft” bisa mewakili karakteristik sang kelinci! Ada pula pihak yang mengaitkan hal ini dengan mitologi mengenai sosok kelinci yang setia menemani 嫦娥 (Cháng’é,) sang Chinese Goddess of Moon.

Bagi orang luar, kebaikan / kelembutan / kesantunan Kelinci mungkin membuat mereka dari luar (secara penampilan) tampak lembut, rentan dan lemah. Tapi sebenarnya, kepribadian Kelinci yang pendiam itu menyembunyikan kepercayaan diri dan kekuatan serta ketegaran mereka. Mereka terus bergerak menuju tujuan mereka, tidak peduli apa pun hal negatif yang diberikan orang lain kepada mereka.

Dengan keterampilan penalaran yang baik dan perhatian terhadap hal-hal detail, mereka berpotensi menjadi sosok terpelajar (scholar) yang hebat. Mereka adalah orang-orang yang suka bersosialisasi dengan aura dan vibe yang menarik. Namun, mereka merasa sulit untuk totally membuka diri kepada orang lain dan kalau tidak bisa dikelola dengan tepat dan baik maka bisa menyebabkan pribadi yang melarikan diri dari realita.

Kehidupan yang polos dan rutin bukanlah gaya mereka. Meskipun tipe konservatif dan hati-hati dalam tindakan mereka, Kelinci senantiasa membutuhkan kejutan, sesuatu yang tidak monoton untuk “membumbui” segalanya (kehidupan yang menarik)!

Semua info terkait dengan karakteristik elemen Yin Water (癸;guǐ) dan simbol Kelinci (卯; mǎo) ikut membentuk bagaimana karakter dan “warna-warni” dari tahun Kelinci 2023.

Coba saja perhatikan, menjelang dan selama tahun Kelinci 2023; kita semua akan terpengaruh menjadi lebih mudah moody (心情不稳; xīnqíng bù wěn); level terpengaruhnya beda-beda bagi setiap orang tergantung bagaimana ba zi kita masing-masing. Therefore, ada yang akan lebih “parah,” “mild,” atau “ringan.”

Bayangkan, jika mayoritas kita semua akan gampang sekali “terombang-ambing” emosi / perasaannya maka tentu akan ikut memengaruhi interaksi dan komunikasi dengan orang lain (keluarga, teman, rekan kerja / bisnis, dan siapa saja). Nah kalau seperti ini kejadiannya, dan jika kita masing-masing tak bisa mengendalikan gejolak perasaan maka kesalah-pahaman, pertikaian dari berbagai skala dan dalam berbagai bentuk pun akan lebih mudah terpicu. Mulai dari antara perorangan, sampai kelompok orang (masyarakat, bangsa). Jadi hal ini yang perlu menjadi perhatian kita semua.

Ini mengapa salah satu kiat agar kita bisa lebih nyaman, aman dan tentram mengarungi tahun Kelinci 2023 ialah perilaku头脑清晰; tóunǎo qīngxī (kejernihan pikiran) dan 内心的平静; nèixīn de píngjìng (ketenangan perasaan)!

Dua aspek diatas tadi harus dimiliki kita semua secara umum; dan pada khusus nya bagi kita yang di tahun terkena “clashing (chiong)!” Kalau tidak, maka kehidupan pun akan lebih sarat masalah dan lebih penuh gejolak.

HOKI DI TAHUN KELINCI

Dalam budaya Tiongkok, hewan kelinci juga melambangkan kecerdasan dan kecepatan. Oleh karenanya, karakteristik tahun bersimbol Kelinci juga ialah kita harus mampu untuk kerja lebih smart dan lebih cepat alias tidak berleha-leha; dengan begitu baru bisa potensi mendapatkan hasil. Sikap sembrono / gegabah, lamban / menunda-menunda tidak akan mendapat “tempat” di tahun Kelinci 2023. Jika kita mungkin pada dasarnya, atau kalau kita selama ini adalah seperti begitu maka harap berubah (atau setidaknya minimalkan sikap perilaku tadi) lah, agar kita tidak “ketinggalan kereta” dan tidak kebagian hoki / rejeki di tahun Kelinci 2023.

Meski pun begitu, bukan serta merta bermodalkan sikap cerdik dan gesit saja. Perencanaan dan perhitungan pun tetap harus ada; pastikan pula bahwa secara ba zi kita sedang dalam situasi yang bukan lagi terkena chiong. Demikianlah “name and rules of the game” yang perlu kita ketahui dan aplikasikan selama tahun Kelinci! Agar meminimalkan kita terseret masuk ke dalam “rabbit hole!” “Into the rabbit hole” maksudnya kita terbawa kedalam sebuah sikon yang rumit dan susah, khususnya sikon dimana akan sangat sulit bagi kita untuk keluar dari permasalahan / perkaranya!

PERCINTAAN DAN KESEHATAN

Dalam pakem astrologi Tiongkok, simbol Kelinci adalah 桃花; Táohuā alias Peach Blossom. Dengan begitu, masalah sexual affairs / scandals akan berpeluang lebih marak terjadi.

Ini akan lebih riil jika dalam ba zi kita (terutama jika) di bagian tanggal dan atau tahunnya adalah simbol Tikus. Jika simbol Kelinci “bertemu” dengan simbol Tikus maka akan terjadi yang diistilahkan sebagai “两罚; Liǎngfá (Two Penalty)” atau “不文明 / 不礼貌的惩罚; bù wénmíng / bù lǐmào de chéngfá (Uncivilised / Impolite Punishment).” Mengapa? karena both, simbol Tikus dan Kelinci adalah dua-dua nya kategori Peach Blossom.

“Two Penalty” clash akan menimbulkan / mendatangkan sex scandal/s, gangguan kesehatan yang terkait dengan unsur Kayu dan unsur Air. Misalnya masalah rheumatism, ginjal, dan penyakit terkait urusan organ seksual.

Pergantian energi tahun juga akan memberikan dampak kepada dinamika aspek kesehatan. Karena elemen Api yang lemah di tahun Kelinci 2023 maka peluang masalah kesehatan yang terkait organ Jantung, penglihatan, Darah juga lebih mudah terjadi. Simbol Kelinci adalah Kayu Yin, yang melambangkan leher dan tulang belakang. Jika terjadi clash antara Kelinci dengan Ayam maka kecenderungan untuk terjadinya problem terkait dengan bagian leher dan tulang belakang pun akan lebih besar.

Dalam pakem Traditional Chinese Medicine (TCM), elemen Kayu mewakili organ Liver; organ yang bertanggung jawab pada pertumbuhan, aktivitas dan pergerakan anggota tubuh (limbs). Hal ini akan ikut memengaruhi fenomena dimana mayoritas dari kita akan lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas olah raga.

Unsur Air terkait dengan organ ginjal, alat reproduksi. Jadi masalah terkait kesehatan dengan organ disebutkan tadi pun berpeluang lebih marak. Karena pengaruh elemen (tahun) Yin Water & Kayu maka perhatikan pula kesehatan pikiran (nervous system). Terutama kalau selama ini kita memang sudah memiliki problem di organ-organ dan atau bagian tersebut; terutama jika kita lagi terkena clash (chiong) di tahun Kelinci 2023.

BISNIS DAN UANG

Terkait dengan aspek aktivitas perdagangan; tahun Kelinci 2023 membawa dinamika perubahan pula. Aktivitas bisnis berkategori Logam akan lebih diuntungkan. Ini karena Logam “menghancurkan” Kayu; jadi Kayu adalah simbol “uang” bagi Logam. Bisnis berunsur Logam antara lain: industri besi dan baja, perhiasan, fitness center, apotik, rumah sakit, bidang hukum.

Aktivitas bisnis Tanah pun akan diuntungkan. Ini karena unsur Tanah “menghancurkan” Air, jadi Air adalah simbol “uang” bagi Tanah. Bisnis berunsur Tanah antara lain: supermarket, distribusi, peternakan, semen, panti jompo, finansial, spiritual, butcher.

Aktivitas bisnis Air juga akan lebih terbantu; ini karena unsur Kayu adalah “produktivitas” bagi unsur Air. Dengan begitu akan menjadi lebih aktif; bidang bisnis berunsur Air antara lain: jasa kurir, pengangkutan, telekomunikasi, minuman, podcast, penelitian, IT.

Untuk bisnis bidang Kayu akan mengalami masa-masa yang lebih penuh persaingan. Ini karena selama tahun Kelinci 2023, energi Kayu adalah “berlimpah.” Jadi ada “competitors” dimana-mana. Bidang berunsur Kayu antara lain: lembaga pendidikan, tekstil, hasil bumi, furniture, barber / hair stylist, manicure pedicure, green grocer (buah dan sayur-mayur).

Bisnis berunsur Api akan kurang kondusif; ini dikarenakan energi Logam yang minim di tahun Kelinci 2023. Unsur Logam adalah “uang” bagi Unsur Api; nah karena “uang” nya sedikit maka aktivitas Api menjadi lebih penuh tantangan. Bidang berunsur Api antara lain: industri film, fotografi, animasi youtuber / tik-tok, lukisan, bahan kimia, saham.

Jika kebetulan kita bergerak di bidang bisnis unsur Kayu dan atau Api, jangan lantas menjadi khawatir hanya karena membaca informasi di atas. Karena keberhasilan sebuah bisnis tidak sebatas karena unsur nya sedang moncer atau lagi down di tahun tertentu. Bagaimana status hoki (tahunan dan sepuluh tahunan) kita, bagaimana baik atau buruk nya feng shui bangunan rumah dan tempat usaha kita juga ikut menentukan serta memengaruhi kesuksesan atau kegagalan bisnis yang kita lakukan.

Begitu pula bagaimana faktor Manusia dalam menjalankan bisnisnya. Faktor Manusia disini antara lain soal: kualitas produk atau jasa, marketing strategy, pricing, service, friendliness. Yang juga penting ialah bagaimana kecocokan antara ba zi kita dengan jenis usaha nya? Karena ini juga adalah salah satu faktor utama dari kesuksesan sebuah bisnis, karir dan studi!

Ini mengapa sejak bermilenia; orang Tionghoa sudah mengingatkan bahwa: “Ketakutan terbesar dalam hidup bagi seorang pria ialah salah bidang karir; Ketakutan terbesar dalam hidup bagi seorang wanita ialah salah mendapat pasangan!” Nah dengan kita sudah kenali ba zi (八字), maka dua ketakutan terbesar tadi bisa diminimalkan terjadi!

Untuk kita yang unsur di komponen hari atau tanggal lahir nya ialah simbol Air; yang tahun lahir nya berakhir dengan angka “2” dan “3” (misalnya: 1962, 1963, 1972, 1973, 1982, 1983, 1992, 1993, 2002, 2003, dst nya) akan “ketemu” dengan “Nobleman” di tahun Kelinci. “Nobleman (star)” ini mengindikasikan bahwa akan lebih besar dan mudah kemungkinan untuk bertemu dengan “Dewa Penolong” alias贵人; Guìrén alias Kui Jin, yakni sosok-sosok yang supportive yang mana akan mendatangkan pertolongan dan manfaat! Jadi harap diperhatikan dan jangan mensia-siakan peluang baik ini! Jika ba zi kita memiliki “Nobleman star” maka di tahun Kelinci 2023 punya peluang lebih besar untuk mendapatkan kemajuan dalam proyek atau proyek-proyek baru; menjalin interaksi dengan teman-teman baru; membina hubungan karir atau bisnis yang baru. Jadi jangan mensia-siakan dan pakai seoptimalnya!

DAMPAK KELINCI PADA SHIO LAIN

Berlangsung nya tahun Kelinci juga akan memberikan efek kepada masing-masing simbol shio. Simbol-simbol yang akan mengalami 冲图; chōngtú alias ciong: Ayam, dan Kelinci.

Kelinci (卯) istilahnya kena 冲本命年 (chōng běn mìng nián); Běnmìngnián adalah istilah, yang berarti menggambarkan simbol hewan (shio) tahun kelahiran seseorang yang sama dengan simbol hewan tahun yang sedang berlangsung.

Sementara simbol Ayam (酉) terimbas 冲犯太歲 (chōng / fàn Tàisuì) alias offending or clashing with the Grand Duke Jupiter.

Tàisuì (太岁) adalah istilah dalam kultur Tionghoa untuk bintang yang berhadapan langsung dengan planet Jupiter (木星 Mùxīng), selama kira-kira 12 tahun siklus orbitnya. Dipersonifikasikan sebagai sosok dewa; Tàisuì adalah fitur penting dari astrologi Tiongkok, Feng Shui, Daoisme, dan Buddhisme Tiongkok. Terdapat 60 (enam puluh) figur Tàisuì yang secara bergilir setiap tahun «memerintah.» Untuk tahun Kelinci 2023, 皮時大將軍 (Pí Shí Dà Jiàngjūn) yang “berkuasa” menjadi Tàisuì; Dan posisi nya di arah Timur.

Simbol-simbol yang akan berpeluang lebih besar untuk “diuntungkan” pada tahun Kelinci 2023 ialah: 羊 (Yáng) alias Kambing, 狗 (Gǒu) alias Anjing dan 猪 (Zhū) alias Babi. Again, secara umum, dimanapun simbol-simbol tadinya muncul dalam komponen ba zi maka secara teknis terkena akan un alias hoki. Tapi yang paling “ngefek” jika simbol-simbol hewan disebutkan tadi adanya di komponen tanggal dan atau tahun lahir.

Bagi yang terkena ciong dan atau Two Penalty, maka memerlukan simbol atau objek Anjing (狗; Gǒu). Mengapa? Karena dalam pakem ba zi, si Anjing ini adalah teman baik dari sang Kelinci; hence bisa menjadi “中间人; zhōngjiānrén” alias “juru damai.”

Selain itu dari sisi faktor Manusia, perlu selalu lebih tenang (kendalikan pikiran dan perasaan), lebih tenang, lebih tenang dalam semua urusan. Sikap tenang, kehati-hatian dan ketelitian perlu selalu dipraktekan setiap saat. Last but not the least, pastikan bahwa dari faktor Bumi alias feng shui; bangunan rumah tinggal dan tempat usaha kita sudah baik. Dengan semua tadi maka artinya kita telah meminimalkan aneka persoalan negatif yang mungkin terjadi selama tahun yang terkena clashing (chiong)!

Bahkan di timing yang baik sekalipun kita perlu senantiasa berbuat kebajikan; nah apalagi di tahun yang kita kena ciong, maka perlu lebih banyak meradiasikan kebaikan dan berbuat kebajikan! Melakukan ritual untuk buang sial / ruwat / ci swa (swak) silahkan kalau mau kita lakukan sesuai kepercayaan masing-masing. Every now and then, melakukan sea salt bath untuk mengurangi energi negatif.

Apapun yang dikatakan atau diinfokan mengenai kehidupan kita di tahun Kelinci 2023 (dan atau tahun apapun); kita tetap harus optimis. Tidak usah lantas menjadi takut karena diinfokan bahwa kita akan “kurang hoki”, atau menjadi lupa diri karena dikatakan kita akan “hoki.” Karena kehidupan kita dipengaruhi oleh faktor Langit, Manusia, Bumi. Faktor Langit, antara lain ialah bagaimana status ba zi kita; faktor Manusia ialah menyangkut semua usaha tindakan perbuatan kita, dan faktor Bumi ialah berkaitan dengan baik buruknya feng shui bangunan (rumah dan tempat bisnis atau kantor) kita. Nah tiga faktor utama dan penting ini semuanya ikut memengaruhi dan menentukan bagaimana kehidupan kita. Last but not the least, tidak lupa pula memberdayakan dan mengoptimalkan sisi keyakinan kita masing-masing. Nah kalau semua ini sudah kita jalankan, maka kun fayakun kehidupan kita akan lebih sehat, mudah, lancar dan hoki!”

Aplikasikan info dan ilmu feng shui secara objektif (sebagai sebuah keilmuan tanpa mencampur adukan atau membawa-bawa unsur mistik, agama), kudu berlogika (agar tidak menjadi kearah takhayul dan atau irasional), aplikasikan secara proprosional (dalam batas yang wajar tanpa berperilaku membabi buta)!

www.suhanalimfengshui.com

©[COPYRIGHT Suhana Lim], 2022. No part of the materials in this article may be copied, photocopied, reproduced, translated, or reduced to any electronic medium or machine-readable form, in whole or in part, without the prior written consent of [Suhana Lim]. Any oher reproduction in any form without the permission of [Suhana Lim] is prohibited. All materials contained in this article are protected by copyright law and may not be reproduced, distributed, transmitted, displayed, published, or broadcast without the prior written permission of [Suhana Lim].

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

Benci Tapi Bercumbu

Tidak ada teman sejati dan tak ada musuh yang abadi. Semuanya bisa berubah sesuai dengan kepentingan bersama. Motto klasik tadi bukan hanya berlaku dalam...

Program Professional Year

  Pada artikel Imigrasi terbitan Buset Edisi Oktober 2017 (bisa dibaca di sini) kita membahas bahwa lulusan dari Accounting, Engineering and IT bisa mendapatkan 5...

(penting dibaca sebelum nonton) Teenage Mutant Ninja Turtle

Siapa yang tidak kenal sama Teenage Mutant Ninja Turtle? Atau yang biasa disebut Kura-Kura Ninja oleh orang-orang Indonesia. Hampir semua orang yang lahir di...

Hakam Junus, Ketua Umum PPI Australia 2018-2019

Awal Juli 2018kemarin Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) resmi memasuki periode baru dengan terpilihnya Hakam Junus sebagai Ketua Umum PPIA periode 2018-2019. PPIA sebagai...

RFD 2016: Banjir Penceramah dari Indonesia

Ramadhan Family Day 2016Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1437 H, akhir Mei lalu, Madania Foundation kembali menggelar acara yang bertajuk ‘Ramadhan Family Day...