Abbadi Said Thalib Anggota Panitia Pemilu Luar Negeri Wilayah Victoria & Tasmania

Suatu kebanggan saat pengumuman hasil seleksi calon anggota Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) 2024 diumumkan bagi pria bernama lengkap Abbadi Said Thalib. Dari 7 orang terpilih sebagai anggota panitia, Abbadi lulus dengan skor tertinggi untuk ikut mengemban tugas negara tersebut.

Abbadi Said Thalib

Karena pengalamannya yang sangat luas dan jejak organisasinya, pria berusia 35 tahun tersebut memecah rekor sebagai putra Pandeglang pertama yang terpilih sebagai anggota PPLN 2024 untuk wilayah Victoria dan Tasmania.

PPLN di Australia dinilai sangat penting karena lebih dari 200 ribu Warga Negara Indonesia yang tinggal disana, dan 13 ribu diantaranya memiliki hak pilih di wilayah Victoria dan Tasmania.

Panitia yang dilantik pada 2 Februari 2023 tersebut, memiliki peran yang sangat penting untuk membantu Warga Negara Indonesia yang berada di luar negeri agar dapat menggunakan hak pilihnya. Selain itu, sebagai komitmen pemerintah untuk memastikan bahwa setiap Warga Negara Indonesia memiliki hak yang sama.

Abbadi bersama dengan anggota panitia yang lainnya akan bekerja keras membantu WNI yang memiliki hak pilih di wilayah Victoria dan Tasmania agar dapat menyampaikan suaranya, dan mewujudkan kelancaran Pemilu 2024 yang jujur dan adil.

Profil Abbadi Said Thalib

Abbadi Said Thalib

Sedari kecil, Abbadi selalu berjuang keras untuk mendapatkan pendidikan yang baik. Abbadi besar di Pandeglang, Banten dan sejak di bangku SMP, Abbadi harus menempuh perjalanan panjang menuju sekolah. Abbadi harus berjalan kaki selama 1 jam untuk menuju ke sekolah. Begitu pula ketika bersekolah di SMKN 2 Serang, Abbadi harus  menempuh jarak lebih dari 25 km setiap harinya dengan berjalan kaki dan dilanjutkan dengan menaiki 2-3 kali angkutan umum untuk sampai ke sekolah menengah atas tersebut.

Sejak dibangku sekolah Abbadi senang sekali untuk ikut organisasi, mulai dari Pramuka sampai kegiatan organisasi keagamaan seperti Rohis (Rohani Islam).

Saat berkuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa di Serang, Abbadi melanjutkan minat di dunia organisasinya. Ia akhirnya terpilih menjadi Ketua Umum Dewan Perwakilan Mahasiswa dan bergabung juga dengan organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sejak 2006 silam.

Kepedulian Abbadi terhadap pendidikan yang mendorongnya untuk mendirikan organisasi Nuansa Daerah Pendidikan (NDP) pada tahun 2009 yang terfokus untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dan mahasiswa terhadap pentingnya pendidikan sejak dini terutama untuk anak-anak yang kurang mampu secara ekonomi, ia bersama komunitasnya membantu anak – anak jalanan dan melakukan edukasi pendidikan ke desa-desa.

Pada tahun 2016, Ayah dari 3 anak ini pindah ke Melbourne untuk menetap bersama keluarga kecilnya. Abbadi tetap peduli dengan pendidikan di desanya, dan pada tahun 2020, Abbadi mendirikan Saung Inggris Kanguru, sebuah organisasi non profit yg menyediakan kelas bahasa inggris gratis untuk anak-anak underpriviledge di Desa Kadubale, Pandeglang, Banten. Untuk mempelajari sistem pendidikan anak di Australia, pada tahun 2021 Abbadi mengambil kuliah Certificate IV in Education Support di Swinburne University dan berkesempatan untuk magang di Amsleigh Primary School di Oakleigh East Melbourne, selama hampir 1 tahun. 

Pelantikan PPLN

Pada tahun 2022, disela-sela kuliah post-graduatenya di University of Wollongong jurusan Business Analytics, Abbadi bersama rekan-rekan alumni HMI mendirikan KAHMI (Korps Alumni HMI) cabang Australia New Zealand dan di amanahkan menjadi Sekretaris Umum untuk periode 2022-2025. Selain itu Abbadi juga aktif di organisasi dan komunitas masyarakat seperti Indonesian Diaspora Network Victoria, Radio Kita Melbourne sebagai Penyiar untuk membantu melestarikan bahasa Indonesia di Negeri Kanguru.

Saat ini, Abbadi baru saja terpilih menjadi anggota Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) untuk wilayah Victoria dan Tasmania dan menjadi rekor pertama kalinya mewakili Kabupaten Pandeglang, Banten. “Saya merasa bangga sekali dapat mencatatkan sejarah, pertama kalinya ada anggota PPLN yang terpilih dari kampung halaman saya sendiri dari Pandeglang, Banten”.

Ia tentunya sangat bersemangat untuk melayani WNI agar dapat memberikan hak suara mereka di pemilu 2024 mendatang.

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

Blender Lane Artist Market

Pantang Dilewatkan Selama SummerDalam rangka menyambut musim panas di Melbourne, banyak pasar malam yang dibuka untuk masyarakat luas. Salah satu pasar malam yang...

SELINGKUH DENGAN KAKAK SANG ISTRI

Tanya:Pagi, Pak Suhana. Saya mau tanya dikit, apakah ba zi lebih akurat atau feng shui atau harus selaras dua-duanya atau semua karena kita memiliki dan...

Perhitungan Poin Visa Skilled Independent (subclass 189)

Pada edisi sebelumnya (BUSET Vol. 10-117 Maret 2015, dapat diakses online via buset-online.com) kita telah membahas persyaratan umum untuk aplikasi visa 189 (Skilled Independent)....

PENDAFTARAN REELOZIND! 2019 TELAH DIBUKA

Sejak tahun 2016, Kompetisi dan Festival Film Pendek Australia Indonesia menawarkan cara yang kreatif dan menarik bagi masyarakat kedua negara untuk memulai percakapan dan...

COMMUNITY ADVOCACY ALLIANCE DECLARES WAR ON CORRUPTION

Community Advocacy Alliance (CAA) is a not for profit charity organisation. It’s membership is comprised of former senior police officers and citizens from many...