4 LANGKAH MENGGARAP KESEMPATAN BISNIS YANG MEMBAWA KEUNTUNGAN

Di BUSET Edisi sebelumnya saya membahas pentingnya Anda mempertimbangkan semua kesempatan bisnis yang ada melalui 5 prinsip (artikel bisa dibaca lewat link ini: http://buset-online.com/bisnisbuset/5-langkah-mengenali-kesempatan-bisnis-yang-tepat-untuk-anda/). Di bulan ini saya ingin membahas apa yang Anda harus lakukan setelah Anda memutuskan bisnis yang cocok dan memenuhi 5 prinsip tersebut.

Empat langkah yang saya cantumkan di artikel ini merupakan bagian dari Accolade Coaching Startup Framework yang saya kembangkan untuk membantu klien mengambil langkah yang benar dalam memulai bisnis.

Banyak orang memulai bisnis mencoba memimik kesuksesan orang-orang yang sudah besar tanpa menulusuri secara detail apa yang mereka harus lakukan untuk mencapai kesuksesan tersebut. Rangka kerja di bawah ini memungkinkan setiap pebisnis untuk membangun bisnis mereka selangkah demi selangkah untuk mendapatkan kesuksesan yang sama dengan orang orang ternama di dunia.

Mengenali Diri

Sebelum mengambil langkah pertama dengan bisnis impian Anda, perlu diketahui situasi diri Anda saat ini. Ketahui alasan Anda memulai, situasi keuangan, akses Anda ke pasar dan lain sebagainya. Bisnis Anda dapat berkembang dua kali lebih cepat jika Anda menggunakan sarana yang Anda sudah miliki. Ini didalam bahasa Inggris dikenal sebagai “leverage”.

Mengenali Pasar

Ada 2 pendekatan orang dalam memulai bisnis: product centric atau market centric. Perbedaannya sangat sederhana, yang pertama berfokus membuat produk atau jasa yang sempurna, yang kedua berfokus memberikan produk yang diinginkan pasar. Jika Anda mengikuti artikel saya dalam segmen Bisnis BUSET (bisa diakses secara online melalui situs buset-online.com) selama ini, Anda sudah tahu bahwa pendekatan saya (dan tentunya yang terbaik) adalah pendekatan market centric.

Kecakapan Anda dalam mengenali pasar Anda dapat menentukan seberapa besar kesuksesan yang dapat Anda peroleh dari bisnis Anda. Sekalipun tanpa mengetahui statistik yang tepat, saya dapat menyimpulkan bahwa bisnis-bisnis tersukses di dunia adalah bisnis yang berhasil menembus pasar dan memberikan keinginan mereka.

Mengenali Produk/Jasa

Tentunya dengan market centric approach di atas pun Anda perlu mengenali kekuatan dan kelemahan produk / jasa Anda. Jika Anda ingin memaksimalkan kesuksesan Anda, pastikan bisnis Anda mempunyai ruang untuk berinovasi. Kenali keinginan pasar dan berikan apa yang pasar Anda inginkan dengan memberi keunikan tersendiri melalu produk / jasa Anda.

Mengenali Kompetisi

Tentunya memiliki produk / jasa yang terbaik yang diinginkan pasar belum cukup jika pasar tersebut sudah jenuh dengan produk / jasa saingan yang sama baiknya. Oleh karena itu, sebagai process terakhir, Anda perlu melakukan competitor analysis untuk menentukan apa yang harus Anda lakukan untuk memenangkan pasar dan menundukkan saingan bisnis Anda.

Kesimpulan

Kerap saya mendapat pertanyaan, mengapa banyak orang yang mengetahui hal-hal di atas masih tidak mencapai kesuksesan? Jawabannya hanya satu: praktek. Di jaman internet ini, informasi mudah sekali didapat. Namun kemudahan itu juga menyebabkan munculnya masalah baru: information overload. Pengguna internet kini sulit membedakan informasi yang sesuai, belum lagi penerapan yang benar dan cocok untuk bisnis mereka.

Banyak klien saya memiliki pengetahuan yang sangat luas namun tidak mempunyai kemampuan ataupun disiplin untuk memberi penerapan yang benar dan sesuai. Melalui coaching, saya membantu klien untuk tetap fokus kepada strategi yang benar sehingga mereka dapat mencapai kesuksesan lebih cepat dengan sumber daya yang minimal.

Emmanuel
[alert color=”B2C295″ icon=”9998″]Pemilik dan pendiri dari Accolade Coaching yang juga merupakan coordinator Entrepreneurship Program untuk Indonesian Business Centre (IBC) Melbourne. Accolade Coaching bekerjasama dengan IBC mengadakan acara-acara sepanjang tahun untuk memperlengkapi dan meng-inspirasi pebisnis dan entrepreneur Indonesia di Melbourne. Untuk informasi acara acara mendatang, daftarkan diri Anda di website IBC (http://www.ibcm.org.au/)[/alert]

 

[alert color=”FF122A” icon=”128227″]FREE CONSULTATION[/alert]
Dapatkan FREE consultation untuk memulai bisnis baru Anda atau menumbuhkan bisnis yang sudah ada dengan menghubungi nomor telpon (03) 9016 8910 atau email info@accoladecoaching.com.au atau dengan mengunjungi www.accoladecoaching.com.au dan memanfaatkan sarana livechat dari website.

 

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

AIAV Eratkan Hubungan Australia-Indonesia Melalui Program Bahasa

Menyambut akhir tahun 2020, Australian-Indonesian Association Victoria (AIAV) kembali mengadakan acara gathering tahunan mereka. Acara piknik yang diadakan hari Sabtu siang pertengahan December di...

Nano Setiawan: Terjun dalam Bisnis Penerbangan Perlu Jam Terbang

Sama halnya pilot pesawat terbang yang butuh mengumpulkan berpuluh-puluh ribu jam terbang agar semakin piawai dan ahli menerbangkan pesawat, begitu pula dengan seorang marketer...

NAILA 2020: Menyentuh Hati Lewat Bahasa

Ada yang berbeda dari malam penghargaan National Australia Indonesia Language Awards (NAILA 2020) tahun ini. Meski semuanya harus dilakukan secara virtual karena adanya pandemi,...

TANGGA HARUS PUNYA FENG SHUI BAIK

Dengan semakin terbatasnya lahan, terutama di kota-kota besar, maka tren membangun properti bukan lagi ke samping tetapi ke atas alias lebih dari satu tingkat. Tidak dapat...

Antologi Kisah Syahisti

Membaca buku autobiografi tidak hanya membuat kita mengenal lebih dekat tentang tokoh tersebut. Kita akan dibawa masuk ke dalam sebuah mesin waktu. Mesin waktu...