135 Delegasi Wakili Indonesia di Parade Moomba 2022

Setelah sempat hiatus selama setahun, Festival Moomba kembali hadir memeriahkan kota Melbourne di tahun 2022. Festival yang rutin diadakan setiap tahunnya sejak tahun 1955 itu merupakan salah satu perayaan terbesar negara bagian Victoria, dimana jutaan orang hadir ke festival setiap tahunnya. Di Festival Moomba, para warga dapat menikmati berbagai macam hiburan seperti pasar malam, kembang api, dan musik live.

Ciri khas dari Festival Moomba adalah Parade Moomba yang diadakan di hari terakhir festival tersebut. Selain sebagai kegiatan penutup, Parade Moomba merupakan sebuah bentuk komitmen Victoria terhadap multikulturalisme dimana berbagai perwakilan komunitas etnik turut berpartisipasi dalam parade tersebut dengan mengenakan pakaian tradisional atau kostum yang merepresentasikan identitas grup tersebut. Tentu saja, komunitas Indonesia tidak ketinggalan ikut merayakan parade ini.

Sebanyak 135 warga Indonesia menunjukkan keragaman budaya Indonesia dengan mengenakan busana dari suku Batak, Betawi, Bali, Minangkabau, dan masih banyak lagi. Kesenian tari Reak, pencak silat, bahkan ondel-ondel pun hadir memeriahkan parade Moomba tahun ini. Keantusiasan warga Indonesia dalam merayakan Moomba juga didukung penuh oleh Konsul Jenderal Kuncoro Waseso yang turut berpartisipasi bersama sang istri Mantarina Herlianti dan beberapa staf KJRI dengan memakai kostum tradisional suku Batak.

“Saya sangat senang dan bangga sekali, terharu sebetulnya dalam pelaksanaan Moomba Festival di tahun 2022 ini Indonesia memiliki delegasi yang paling banyak. Ada 135 orang peserta, dan itu mewakili hampir semua komunitas Indonesia yang ada di Melbourne, dengan tampilan etnikal group yang ada di Indonesia. Mulai dari Sumatra, yang ada Aceh, Palembang, Lampung. Ada Jawa, dari Sulawesi juga ada. Saya menggunakan pakaian Dayak, kita ambil pakaian Dayak supaya menarik bagi pesertanya semuanya,” ujar Konjen Kuncoro.

Untuk parade tahun ini, organisasi masyarakat IDN Victoria dipercaya menjadi penanggung jawab yang memfasilitasi delegasi Indonesia.

“Parade ini adalah hasil kerja keras dan kerjasama dari berbagai komunitas dan KJRI Melbourne yang selalu kompak dan berkolaborasi untuk mempromosikan Indonesia di Australia, khususnya Victoria. Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada berbagai komunitas dan KJRI Melbourne atas partisipasi dan kerjasamanya di Moomba Parade 2022 ini, baik yang ikut parade, transportasi, konsumsi, latihan secara rutin, videografer, fotografer, make up artists, kostum-kostum yang keren, dan semua pihak seksi sibuk. Special thanks kepada bang Ganda Marpaung yang telah sangat memberikan warna dan kemegahan dengan kostum-kostum extravaganza di parade ini,” cetus Diana Pratiwi, presiden IDN Victoria.

Dengan dibuka kembalinya perbatasan internasional untuk para mahasiswa luar negeri, perwakilan dari perhimpunan pelajar Indonesia, PPIA Victoria juga turut meramaikan rombongan Indonesia.

“Coming together as Indonesian at Moomba festival and show casting how diverse Indonesian culture is has never been more memorable. Seeing a lot of Indonesian community participate and tried their best to represent Indonesia made me realize how proud I am to be one. Me, as the president of PPIA VIC will be committed to carry the spirit around especially to younger generation,” komentar Christian Hansel, presiden PPIA Victoria.

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

Mental Health Foundation Australia COVID-19 Meal Delivery Initiative

Mental Health Foundation Australia (MHFA) hadir sebagai pilar untuk bertengger dan mencari solusi akan masalah-masalah yang sedang dialami oleh siapa pun yang bertempat di...

Musa Widyatmodjo Akan Buat Indonesia Bangga

Nama Musa Widyatmodjo tidaklah asing lagi di telinga masyarakat yang mengerti tentang fashion. Desainer lulusan Drexel University Philadelpia, Amerika Serikat jurusan Fashion Design ini...

Yang Perlu Dipersiapkan Saat Menemui Mortgage Broker

Ketika kita membuat janji dengan broker, terkadang kita merasa bingung mengenai apa saja yang perlu kita persiapkan untuk disampaikan. Serta berapa lama waktu yang...

KBRI CANBERRA BERSAMA PERWAKILAN RI LAIN DI AUSTRALIA | Press Release

DORONG KEMITRAAN EKONOMI MELALUI KEGIATAN TEMU BISNIS DI MELBOURNE Kepala BKPM Thomas Lembong bersama Senator James Paterson, Senator untuk Negara Bagian Victoria dan Ketua...

WARISAN BUDAYA JAWA DIPERTONTONKAN LEWAT TARIAN

Pada 20-21 November silam, Eko Supriyanto, penari tradisional Jawa asal Indonesia, dan koreografer asal Melbourne, Melanie Lane, menampilkan sebuah tarian produksi koreografer ternama asal...