135 Delegasi Wakili Indonesia di Parade Moomba 2022

Setelah sempat hiatus selama setahun, Festival Moomba kembali hadir memeriahkan kota Melbourne di tahun 2022. Festival yang rutin diadakan setiap tahunnya sejak tahun 1955 itu merupakan salah satu perayaan terbesar negara bagian Victoria, dimana jutaan orang hadir ke festival setiap tahunnya. Di Festival Moomba, para warga dapat menikmati berbagai macam hiburan seperti pasar malam, kembang api, dan musik live.

Ciri khas dari Festival Moomba adalah Parade Moomba yang diadakan di hari terakhir festival tersebut. Selain sebagai kegiatan penutup, Parade Moomba merupakan sebuah bentuk komitmen Victoria terhadap multikulturalisme dimana berbagai perwakilan komunitas etnik turut berpartisipasi dalam parade tersebut dengan mengenakan pakaian tradisional atau kostum yang merepresentasikan identitas grup tersebut. Tentu saja, komunitas Indonesia tidak ketinggalan ikut merayakan parade ini.

Sebanyak 135 warga Indonesia menunjukkan keragaman budaya Indonesia dengan mengenakan busana dari suku Batak, Betawi, Bali, Minangkabau, dan masih banyak lagi. Kesenian tari Reak, pencak silat, bahkan ondel-ondel pun hadir memeriahkan parade Moomba tahun ini. Keantusiasan warga Indonesia dalam merayakan Moomba juga didukung penuh oleh Konsul Jenderal Kuncoro Waseso yang turut berpartisipasi bersama sang istri Mantarina Herlianti dan beberapa staf KJRI dengan memakai kostum tradisional suku Batak.

“Saya sangat senang dan bangga sekali, terharu sebetulnya dalam pelaksanaan Moomba Festival di tahun 2022 ini Indonesia memiliki delegasi yang paling banyak. Ada 135 orang peserta, dan itu mewakili hampir semua komunitas Indonesia yang ada di Melbourne, dengan tampilan etnikal group yang ada di Indonesia. Mulai dari Sumatra, yang ada Aceh, Palembang, Lampung. Ada Jawa, dari Sulawesi juga ada. Saya menggunakan pakaian Dayak, kita ambil pakaian Dayak supaya menarik bagi pesertanya semuanya,” ujar Konjen Kuncoro.

Untuk parade tahun ini, organisasi masyarakat IDN Victoria dipercaya menjadi penanggung jawab yang memfasilitasi delegasi Indonesia.

“Parade ini adalah hasil kerja keras dan kerjasama dari berbagai komunitas dan KJRI Melbourne yang selalu kompak dan berkolaborasi untuk mempromosikan Indonesia di Australia, khususnya Victoria. Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada berbagai komunitas dan KJRI Melbourne atas partisipasi dan kerjasamanya di Moomba Parade 2022 ini, baik yang ikut parade, transportasi, konsumsi, latihan secara rutin, videografer, fotografer, make up artists, kostum-kostum yang keren, dan semua pihak seksi sibuk. Special thanks kepada bang Ganda Marpaung yang telah sangat memberikan warna dan kemegahan dengan kostum-kostum extravaganza di parade ini,” cetus Diana Pratiwi, presiden IDN Victoria.

Dengan dibuka kembalinya perbatasan internasional untuk para mahasiswa luar negeri, perwakilan dari perhimpunan pelajar Indonesia, PPIA Victoria juga turut meramaikan rombongan Indonesia.

“Coming together as Indonesian at Moomba festival and show casting how diverse Indonesian culture is has never been more memorable. Seeing a lot of Indonesian community participate and tried their best to represent Indonesia made me realize how proud I am to be one. Me, as the president of PPIA VIC will be committed to carry the spirit around especially to younger generation,” komentar Christian Hansel, presiden PPIA Victoria.

Discover

Sponsor

spot_imgspot_img

Latest

Karyawan Tidak Jujur?

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai cara melindungi bisnis dari karyawan yang “nakal” dan tidak dapat dipercaya, sehingga diharapkan dapat meminimalisir dampak...

SEPERCIK KEHANGATAN BAGI TUNA WISMA DI BULAN YANG DINGIN INI

Homelessness Prevention Week 2015Seperti yang telah kita ketahui, masih banyak masyarakat Australia yang mengalami kesulitan ekonomi hingga harus meninggalkan rumahnya dan hidup di jalanan...

Kemendag: Optimis Akan Peluang Ekspor Indonesia ke Australia

Dengan diratifikasikannya perjanjian dagang IA-CEPA oleh kedua negara, Indonesian Diaspora Network (IDN) mengundang Wakil Mentri Perdagangan, Dr Jerry Sambuaga untuk menjawab isu-isu seputar kebijakan...

Superior, Inferior, atau Salib?

Pada suatu hari, Yesus berespon atas perselisihan yang terjadi di antara para murid-Nya. Singkat cerita, Yakobus dan Yohanes meminta supaya diberi posisi khusus di...

Jangan Abaikan Kesehatan Mental

Pentingnya kesehatan mental seringkali diabaikan dalam kehidupan sehari-hari karena sifatnya yang tak kasat mata. Di Indonesia sendiri, konsep penyakit atau gangguan mental masih dianggap...