‘MEMBANGUN’ KENIKMATAN BENTO SENDIRI DI SHUKUFUKU

0
770
126 Lygon Street, Carlton. Tel: 03 9078 4819. Fb: Shukufuku Japanese Bento

Berlokasi di 126 Lygon Street, CarltonShukufuku menyediakan makanan Jepang yang kaya rasa dan memiliki keunikan tersendiri. Dibandingkan dengan makanan Jepang di restoran lainnya yang identik dengan sushi, ramen, katsu, ataupun kari, Shukufuku menawarkan menu yang sedikit berbeda. Jika biasanya restoran menyajikan Beef teriyaki, Shukufuku justru menyediakan Hamburg Teriyaki, Beef Sukiyaki, dan Spicy Chicken Egg rollyang jarang ditemui di restoran lainnya.

ICIP ICIP - SHUKUFUKU deliveryShukufuku merupakan buah ide dari Patricia Perwata, dan rekannya, Candranata Ng. Berasal dari keluarga yang doyan memasak, Patricia mengaku bahwa setelah ia mulai tinggal di Melbourne tiga tahun silam, mau tidak mau ia harus memasak sendiri. Dan sesekali ia pun mengundang teman-temannya untuk mencicipi hasil karyanya. Berawal dari hobi inilah lalu Patricia terdorong untuk menghasilkan sesuatu yang lebih besar seperti sebuah restoran.

Meski tetap mencintai kulinari Tanah Air, Patricia dan Candra sepakat untuk menjalani bisnis makanan dari negeri Sakura. Pasalnya, tidak mudah untuk bisa memasarkan masakan Indonesia, “the taste is very strong, tidak semua orang bisa terima,” papar wanita yang baru berusia 25 tahun tersebut. Selain itu, sedari dulu keduanya memang gemar menyantap makanan Jepang.

Crab Claw
Crab Claw

Shukufuku adalah makanan yang disajikan dalam bentuk bento – yang menurut konsep dari Jepang, memiliki arti bekal yang dapat dibawa secara praktis – dimana sebagian besar makanannya dibuat dan disajikan dari dapur sendiri. “Basically semua kita bikin sendiri, seperti spicy chicken egg rollkita nge-roll sendiri all by hand, hamburg-nya juga kita bikin semua sendiri, sukiyaki-nya freshly sliced everydaySalad dan mayo-nya juga diolah sendiri. Walaupun harganya cukup affordable, tetapi tidak berarti low quality,” tambah Patricia mantap. Nama “Shukufuku” sendiri digunakan karena memiliki arti yang positif, yakni berkat.

Proses pendirian Shukufuku tidak memakan waktu lama. Baru saja Maret silam mereka mendapatkan tempat di kawasan ramai Lygon Street, dengan proses konstruksi yang cepat, Shukufuku sudah bisa soft opening pada akhir Juni dan grand opening pada 7 Juli silam. Bahkan sekarang Shukufuku menyediakan jasa antar ke kawasan CBD dan Carlton.

Yang unik, Shukufuku menawarkan sebuah pengalaman seru untuk setiap pelanggannya. Dengan slogan Lego Your Bento, di sini kita diberi kebebasan untuk ‘membangun’ bento sendiri. Bagi yang memilih menu Bento, dapat mengisi bento kita dengan nasi, salad, dan 2 pilihan lauk atau sayuran. Sedangkan untuk pilihan menu Donburi akan mendapatkan nasi, 1 pilihan lauk atau sayuran. Kedua menu tersebut dapat ditambahkan dengan sup miso dan onsen egg.

Beberapa menu yang bisa dijadikan pilihan ketika berkunjung ke Shukufuku adalah:

Bento dengan Spicy Chicken Egg Roll dan Beef Sukiyaki  

ICIP ICIP - SHUKUFUKU - Bento SPICY CHICKEN ROLL DAN BEEF SUKIYAKISpicy chicken egg roll termasuk jarang ditemui di restoran lain, dan Shukufuku menyajikannya dengan rasa yang sedikit pedas serta tekstur yang pas dan sangat gurih. Menu ini pas disajikan dengan nasi hangat, salad segar dan mayonnaise lezat yang dibuat khusus oleh Shukufuku.

Pilihan lauk kedua adalah Beef Sukiyaki. Menggunakan daging sapi pilihan yang diiris tipis, membuat semua bumbu cepat meresap ke dalamnya. Tekstur dagingnya menjadi sangat lembut dan nikmat untuk disantap di kala lapar. Perpaduan rasa yang dihasilkan masakan ini sangat pas sehingga membuat setiap gigitannya jadi memuaskan.


Donburi dengan Crab Claw

Donburi Shukufuku merupakan hidangan nasi dengan salad dan pilihan satu lauk. Salah satu lauk yang patut dicoba adalah Crab Claw, yakni menu kepiting berbentuk bola dengan salah satu capitnya yang menonjol keluar.  Crab Claw disajikan dengan wortel, selada segar, dan dilumuri mayonnaise.

Ketika disajikan, bola kepiting ini menebar aroma harum yang menggoda. Lapisan tepung yang menyelimuti Crab Claw memiliki ketebalan yang pas sehingga mampu memberi rasa renyah tanpa mengurangi kelezatan daging kepiting di dalamnya.


Donburi dengan Hamburg Teriyaki

Menu yang satu ini dapat membuat banyak orang ketagihan. Pasalnya, tak banyak tempat yang menawarkan kelembutan daging Hamburg, terlebih lagi Shukufuku dapat mengolahnya secara pas sehingga dapat memadukan semua bumbu hingga menghasilkan rasa gurih tanpa mengurangi cita rasa otentik dari daging tersebut.

Daging Hamburg ini kemudian ditemani saus teriyaki dengan rasa manis gurih dan taburan furikake yang harmonis. Ditambah dengan salad segar, membuat pengalaman bersantap di Shukufuku menjadi menyenangkan.


Sup Miso dan Onsen Egg

Sebagai tambahan dari menu Bento dan Donburi, Shukufuku menyajikan sup miso yang hangat dan kaya rasa. Walaupun biasanya sup miso hanya sebagai pencuci mulut atau penambah rasa, sup miso yang disediakan di Shukufuku rasanya seenak sebuah sup hidangan tersendiri dan bukan hanya tambahan.

Sedangkan Onsen Egg yang sudah diolah disajikan masih dalam bentuk telur utuh, agar pendatang dapat memecahkan sendiri apabila sudah siap untuk menyantapnya. Spontan ini menjadi pengalaman tersendiri sekaligus bisa dijadikan bahan untuk berlomba bila bersantap bersama teman-teman.

Jangan khawatir, bagi yang tidak mau repot, tim Shukufuku dapat menyajikan Onsen Egg yang sudah dibuka dan siap santap. Kita hanya perlu memintanya saat memesan makanan tersebut.


Bento dengan Ebi Furai dan Chicken Teriyaki
     

ICIP ICIP - SHUKUFUKU Ebi FuraiEbi Furai alias udang goreng tepung khas Jepang disajikan dengan saus mayonnaise spesial Shukufuku. Tekstur krispi tidak mengurangi kenikmatan kualitas udang didalamnya. Ebi Furai Shukufuku juga digoreng dengan temperatur yang sesuai sehingga memiliki kematangan yang pas dan tidak mengandung minyak yang berlebihan.

Chicken Teriyaki yang ditawarkan di Shukufuku memiliki rasa yang menarik dan enak disantap di segala musim. Bagi pecinta santapan unggas, pilihan menu yang satu ini tentu tidak dapat dilewatkan begitu saja. Daging ayam pada sajian ini dipanggang terlebih dahulu agar memberikan aroma panggangan yang harum, kemudian dipadukan bersama saus teriyaki yang memang diolah secara khusus, tidak seperti saus teriyaki pabrikan yang sering kita jumpai di supermarket.

Setengah logo Shukufuku yang menyatu dengan bayangannya di kaca
Setengah logo Shukufuku yang menyatu dengan bayangannya di kaca

Masih ada beberapa kombinasi menu lainnya yang dapat dicoba di Shukufuku, sebut saja Tofu Teriyaki, Mix Vegetable Teriyaki, dan Chicken Sukiyaki.Dengan lokasi yang mudah dikunjungi, yakni di Lygon St dekat dua tempat ternama yang sering dikunjungi masyarakat Indonesia, restoran Thailand Ying Thai II dan kedai es krim Il Dolce Freddo, Shukufuku diyakini mampu bersaing dengan restoran-restoran lainnya di kota ternyaman sedunia ini.

Candranata Ng dan Patricia Perwata, sang empunya Shukufuku
Candranata Ng dan Patricia Perwata, sang empunya Shukufuku

Sasha